Masalah Power Steering

Hari Selasa tanggal 15 Maret kemarin waktu habis nganter anak-anak sekolah tiba-tiba masuk komplek power steering Corabs saya bunyi mendengung. Bunyi ini hanya muncul waktu belok kanan/kiri. Hmm…, langsung saya curiga oli PS bocor nih.

Setelah parkir di garasi langsung saya cek oli PS nya berkurang banyak, bahkan hampir habis. Benar saja, waktu saya cek di kolong oli netes cukup banyak. Wah, langsung panik deh. Kuatir ada masalah berat dengan ps corabs kesayanganku. Soalnya baca-baca di forum, power steering kalo salah perawatan/penanganannya dan kalo sudah rusak berat bakal menguras dompet. Beuh!

Akhirnya langsung saja saya tambahin oli ps nya sampai batas maksimal. Sambil coba nanya sana-sini di forum2 di internet, buat bekel pengetahuan sebelum dibawa ke bengkel. Dari jawaban para senior antara lain: cek saja dulu mungkin selang-selangnya, sealnya musti diganti tuh, bahkan ada yang bilang kalau ngocornya deras rack steernya tuh kena…dlsb. Yang bikin pusing tentu saja setelah tanya sana-sini, harganya itu loh….

Rabu. Pagi-pagi saya coba cek di kolong, oli udah nggak netes lagi. Jangan-jangan habis nih. Cek oli PS…wow masih penuh!! Ada secercah harapan nih. Sepertinya kerusakan nggak parah, mudah-mudahan.

Kamis. Saya bawa ke bengkel spesialis PS dekat rumah, minta dicek. Hasil diagnosis: sealnya harus diganti. Harga ori 450 satu set, ongkos 400, total 850. Ongkosnya mahal banget yak? Kata dia, untuk Corabs emang agak mahal dibanding yang lain, karena musti bongkar semua kaki-kaki. Dia juga kasih catatan, setelah dibongkar dia akan lihat rack steernya masih bagus atau sudah baret. Kalo ada baret2 musti dibubut. Hmm…., tapi saya nggak langsung percaya begitu saja. Musti cari second opinion nih.

Cari opini lain ke bengkel biasa. Ternyata sama. Ganti seal2 nya, habisnya kurang lebih sekitar 800an. Tapi dari nada bicara dan keterangan sepertinya lebih meyakinkan yang bengkel spesialis ps. Diskusi sama istri, ya sudah kita balik ke spesialis ps.

Putar lagi mobil balik ke bengkel spesialis PS. Tapi di tengah jalan keidean untuk ke bengkel yang ada di Jl. Putri Tunggal. Ini setelah kemarin baca di internet ada testimoni positif tentang bengkel ini untuk nanganin ps dari milis klub P******. Sempat ragu, soalnya pengen segera beres masalah PS biar gak menjalar. Tapi akhirnya diputuskan untuk mampir ke bengkel ini.

Masuk ke bengkel. Langsung saja ketemu sama mekanik, cerita keluhan. “Coba aja dilihat dulu pak untuk lebih pastinya, barangkali cuma bocor selang-selangnya aja”, kata mekaniknya. Ok. Setelah dilihat-lihat pakai lift, benar saja. Hanya sambungan selang yang kurang rapat. Akhirnya sambungan dibuka, oli ps dikuras, dan sambungan dipasang lagi dengan dikasih selotip seperti selotip yang biasa dipakai masang kran air.

Setelah dipasang, diisi oli lagi, alhamdulillah beres, sudah nggak bocor lagi. Dari hasil pemeriksaan juga diketahui ada rembesan oli persneling. Ternyata sudah cukup parah, musti ganti seal as roda. Setelah tanya harganya, saya pending dulu deh, minta ditambah oli aja. Akhirnya ditambah olinya saja.

Jadi total biaya:
- ongkos jasa 50 ribu
- oli transmisi 1 liter 35ribu
- tips mekanik 10ribu
Total cuma 95 ribu. Alhamdulillah, murah juga.

Ohya, saya juga minta dicek kaki-kakinya. Dan ini PR hasil ceknya:
- ganti seal as roda
- ban kanan depan goyang, ganti long tie road
- ganti kampas rem depan 1 set

Ya sudah, kita jadwalkan lagi untuk perbaikan PR nya, sambil survei harga-harga parts.

Nama bengkelnya Qiam. Alamatnya di Jl. Putri Tunggal, kalau dari jalan Gas Alam belok kiri kira-kira 100m, sebelah kiri. Tempatnya asyik, bersih, lumayan besar, dan ada musholla. Ruang tunggunya juga enak, dingin ber AC. Anak-anak seneng banget, karena ada buku-buku bacaan di ruang tunggunya.

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Kaki-kaki & Power Steering, Mobil. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s